Rabu, 01 Mei 2019

Konfigurasi WebDAV di FreeNAS-11.1-U5


Assalamualaikum wr.wb. di sini saya akan mengasih tahu tutorial tentang konfigurasi WebDAV di freeNAS.
Mengkonfigurasi saham WebDAV adalah proses dua langkah. Pertama, buat share WebDAV untuk menentukan data mana yang bisa di akses. kemudian, konfigurasikan layanan WebDAV dengan menentukan port, jenis otentikasi. 


Pertama kita ke menu tab Storage lalu kita klik Volume Manager.


Kemudian kita berikan nama misalnya : SharingWebDAV , kemudian di ceklist Encryption lalu kita tklik tambah kemudian klik Add Volume.


Kalau sudah penampilan nya akan seperti di bawah ini.


Selanjutnya kita ke menu tab Services, scrool ke bawah kita cari WebDAV kemudian ceklist Start on boot lalu klik Start Now.


Kalau sudah running kita klik tanda settings.


Kita buat password untuk login ke WebDAV kemudian kita klik OK.


Lalu kita ke menu tab Sharing, lalu klik WebDAV, lalu klik Add WebDAV Share.


Selanjutnta kita buat misalnya Share Name : WebDAV, Path klik browse lalu arahkan ke Storage yang tadi kita buat kemudian klik OK.


Kemudian kita ke tab baru lalu masukan IP Address kita. kita login dengan iuser default yaitu WebDAV dan masukkan password yang tadi kita buat lalu klik Log in.


Kalau sudah login akan seperti ini. karena masih kosong kita akan mencoba membuat folder dan di dalm folder  itu kita membuat file dalam bentuk .doc dan .txt .


Kita pergi ke FreeNAS dan kemudian klik Shell kemudian kita masukkan penyimpanan yang kita buat dan kemudian kita buat folder. 
cd => untuk masuk ke direktori. / mnt / (nama folder yang akan kita buat di penyimpanan) / skrip di bawah ini untuk membuat folder. 
mkdir => untuk membuat suatu folder (di sini kita bisa menamai folder kita sesuai keinginan kita).


Lalu kita buka webDAV apakah sudah ada folder yang tadi kita buat kalau berhasil akan muncul suatu folder yang tadi kita buat sebelumnya.


Kita coba masuk ke dalam folder yang kita buat, karna masih kosong kita akan membuat suatu file.


Lalu kami membuka shell lagi dan kemudian kami pergi ke folder direktori kami dan kami membuat file dalam bentuk .doc . ee => untuk masuk ke folder yang akan kita buat nanti, di sini saya membuat file dengan nama dokumen .doc .


Jika sudah masuk ke dalam file. di sini saya akan mengetik untuk dalam isi document lalu kalau sudah kita tekan CTRL+C kemudian kita save dengan perintah exit, seperti gambar di bawah ini


Kia buka webDAV apakah file yang tadi kita buat sudah ada, kalau sudah ada kita klik secara otomatis akan mendownload file tersebut.


Berikut hasil download 


Lalu kita buka hasil downloadnya maka akan seperti gambar berikut :


Selanjutnya kita akan membuat file dalam bentuk .txt , cara nya sama seperti sebelumnya.


Caranya sama seperti sebelumnya. kalau sudah jangan lupa di save.


Selanjutnya kita buka webDAV, kemudian kita buka Document.txt yang tadi kita buat sebelumnya.


Inilah isi teks yang tadi kita buat.

Sekian dari saya semoga bermanfaat 
Wasallamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konfigurasi HAProxy di debian 8.11

Assalamualaikum WR.WB. Load Balancing adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara ...